KEJENUHAN DALAM HIDUP


Sabtu ini aku mengalami kejenuhan lagi. Penyebabnya selalu sama tentang perkuliahanku. Hari ini penyebabnya UTS online yang begitu banyak. Awalnya aku merasa kejenuhan ini tidak berkepanjangan sampai malam ini dan ternyata kejenuhan ini membuatku mengalami hal baru. Kejenuhan ini dimulai siang sabtu ini (25/04/2020). Harusnya di siang hari aku bisa tidur siang tapi aku merasa tidak tenang jika meninggalkan soal UTS ku. Walaupun jangka waktu yang diberikan oleh dosenku 1 minggu, tapi aku merasa lebih cepat lebih baik. Sore hari aku rebahan 1 jam bersama gadgetku. Aku iseng membuka youtube pak Pdt. Gideon Simanjuntak. Video yang dipubllikasikan mengenai kejenuhan dalam pelayanan. Awalnya aku mengira video ini menceritakan tentang pelayanan digereja makanya dari kemarin aku tidak membuka video tersebut karena aku bukan pelayan di gereja. Ternyata video ini menjelaskan banyak  sekali hal mulai dari kejenuhan terhadap pelayanan di gereja, melayani Tuhan walaupun bukan pelayan gereja, dikecewakan oleh sesama kita, dsb. Melalui video ini membuatku sadar bahwa hidupku bukan tentang aku tapi tentang Tuhan. Dimana pun aku berada aku harus menjadi pelayan Tuhan. Menjadi pelayan Tuhan bukan harus menjadi pendeta, bukan hanya di gereja saja tapi DIMANA SAJA. Dan untuk apa sih kita melayani Tuhan? Untuk menunjukan rasa syukur kita kepada Tuhan. Tuhan sudah begitu baik sama kita sampai Tuhan Yesus memberikan nyawaNya untuk kita semua. Dia memikirkan kita makanya Tuhan mau datang untuk kita. Tuhan gak mau kita hidup dalam ketakutan di dunia ini. Tuhan gak mau kita selalu terlarut dalam kesedihan. Tuhan Yesus rela dihakimi, bahkan disalibkan untuk kita padahal gak ada kesalahan yang Tuhan Yesus lakukan. Kenapa Dia rela disalibkan? Karena Tuhan Yesus taat sama Bapa di surga. Pada hari ke-3 setelah kematianNya, Tuhan Yesus bangkit dari antara orang mati, naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang Maha Kuasa. Tuhan Yesus naik surga tidak meninggalkan kita tapi Tuhan memberikan Roh Kudus untuk menuntun kita melakukan kehendak Bapa di surga, yang juga memberikan penghiburan untuk kita.

Aku juga mendapatkan teguran yang luar biasa melalui video tersebut. Kita sebagai manusia memang harus selalu merasakan di kecewakan oleh sesama kita agar kita sadar bahwa hanya ada satu pribadi yang ga pernah mengecewakan kita yaitu Yesus Kristus. Dalam keadaan apapun hidup ku ga pernah dibiarkannya sampai jatuh. Saat  aku sedih teman hanya bisa  mendengarkan dan kasih nasihat dan dari aku pribadi itu tidak membuatku lega dan tenang. Hanya Tuhan pribadi yang tau kita. Dia pemberi solusi akan setiap kesedihan kita. Roh Kudus yang akan menghibur kita disaat kita sedih.

Video tersebut juga mengajarkanku untuk apa sih  kita jenuh, kecewa, dsb. Coba deh kita praktekan ini, jalan menghadap kaca dan bilang ke diri sendiri “kamu bisa apa tanpa Tuhan?”, “udah sehebat apa kamu sampe bisa jenuh dan mau putus asa?”. Jenuh, kecewa, putus asa itu pasti pernah dialami semua manusia. Tapi jangan sampai mereka menguasai hidup kita. Perbaruilah hidup kita  untuk selalu datang pada Tuhan. Tuhan lah yang akan menolong kita, memberikan keselamatan, mengangkat kita, dan segalanya. Bahkan yang menjadi permintaan kita saat ini bisa Tuhan jawab kalau itu tujuannya menyenangkan hatiNya. Tapi kalau doa kita belum dijawab sama Tuhan percayalah Tuhan berikan yang terbaik untuk anak-anakNya. Kita sebagai orang yang percaya kepada-Nya tidak akan pernah dikecewakan sebab kita anak kesayanganNya (Keluaran 19:5 “Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi.)

Kejenuhan yang ku alami saat ini bukan hanya soal perkulihaanku, tapi juga soal dikecewakan oleh beberapa orang, soal pekerjaan, mimpi yang ada dalam diriku. Banyak sekali persoalan yang aku hadapi diusiaku yang ke-20 ini. Semakin bertambah umurku, semakin besar juga persoalan dalam hidup ini.

Mulai hari ini aku mau hidup dalam sukacita walaupun senin-jumat aku harus bekerja, sabtu-minggu harus kuliah online dan tidak ada hari kosongku tapi ini tidak menghentikanku untuk melayani Tuhan. Pasti Tuhan akan memberikan kelegaan, ketenangan, sukacita disaat aku merasa lelah, capek, jenuh. Semangat buat kita semua. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Thank You.

KAK! AKU JENUH PELAYANAN!
https://www.youtube.com/watch?v=q7tPXU2YUm4

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 YEARS OLD

Jasa Pengumpulan Data / Jasa Cari Data yang ada di Laporan Keuangan

Momen Tak Terlupakan